Atasi Kram

Penahkan Anda terbangun dari tidur malam dan merasakan kaki yang tiba-tiba keram? Tidurpun menjadi terganggu dan tak jarang masih terasa sakit di keesokan harinya. Kelelahan akibat aktivitas sehari-hari atau kekuranag kalsium, disinyalir menjadi penyebab ketegangan pada otot kaki ini.

*****************

Coba amati aktivitas anda sehari-hari dan jika kram tiba-tiba dating, cobalah mengatasinya dengan menarik bagisan kram kearah berlawanan secara perlahan. Tahanlah posisi tersebut selama beberapa detik sehingga ketegangan pada otot mengendur.

Setelah sakit reda, tak ada salahnjya melakukan pemijitan sekitar 5-10 menit di area kram untuk mengendurkan otot sekaligus memberikan kehangatan. Patut diketahu kram juag bias terjadi akibat kelelahan, seperti setelah berolah raga. Bila hal ini yang terjadi, bias dikompres dengan menggunakan ice pack di sekitar area kram, bukan tepat di atas area kram.

Mengingat sifatnya yang dating tiba-tibadan tidak disertai tanda sebelumya, tindakanpreventif pun diperlukan untuk meminimalkan kemungkinan hal tersebut terjadi. Berikut adlah beberapa hal tersebut diantaranya:
1. Mandi atau berendam dengan air hangat setelah beraktivitas seharian setiap kali sebelum tidur untuk mengendurkan seluruh otot yang tegang.
2. Lakukanpereganag sebelum tidur, namun hindari penegangan/meluruskan ujung jari kaki saat peregangan maupun tidur dan usahakan agar kaki-kaki anda tetap hangat selama tidur.
3. Hindari melakukan olah raga atau aktivitas berat secara tiba-tiba. Oleh karena itu, lakukan pernafasan secara benar sebelum berolah raga atau melakukan aktivitas fisik dan melakukan dan lakukan pendinginan setelah selesai. Hal tersebut akan memberikan kesempatan bagi otot untuk menyesuaikan diri sehingga tidak menimbulkan kram. Akan lebih baik jika pemanasan ini dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur, dengan melakukan senam kecil.
4. Tak ada salahnya melakukan peregangan setelah melakukan satu kegiatan terus menerus dalam beberapa lama. Misalnya setelah duduk terus menerus di depan computer selama 2 jam, berada di dalam pesawat atau kendaraan yang memakan waktu lama atau berjalan kaki jarak jauh.

Jika kram terus terjadi dan dirasa makin mengganggu, tak ada salahnya utnutk berkonsultasi pada ahlinya.

(Sumber: Kompas, 13 Mei 2007)

Iklan

~ oleh arifkanz pada November 4, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: